Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik, yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.
PIP (Program Indonesia Pintar) dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan, sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal sd sampai sma/smk dan jalur non formal paket a smpai paket c dan pendidikan khusus, melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah. dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung
Cara cek penerima PIP oleh Operator Sekolah :
1. Login di laman https://pip.kemdikbud.go.id/home_v1
2. Ada 2 jalur untuk bisa login di Aplikasi PIP / Sipintar
Login dengan NPSN dan Login dengan SSO Dapodik
3. Klik pada menu Siswa SK Pemberian dan SK Nominasi
4. Bisa di filter dan Di download datanya
5. File buka dan cek apakah sudah sesuai atau belum!
Cara cek Penerima PIP oleh Orang Tua Siswa
1. Akses laman https://pip.kemdikbud.go.id/home_v1
2. Cari Cari Penerima PIP
3. Ketik NISN dan NIK siswa
4. Klik Cek Penerima PIP
EmoticonEmoticon