Contoh Indikator yang diobservasi oleh atasan atau Kepala Sekolah pada Rubrik Observasi Kelas


Assalamu'alaikum Wr. Wb. berjumpa lagi dengan Mas Dodik di tulisan kali ini mas dodik akan membagikan Contoh Indikator yang diobservasi oleh atasan atau Kepala Sekolah pada Rubrik Observasi Kelas, mungkin temen-temen bisa buat panduan yang harus dilakukan seorang guru dan Observasi perilaku yang harus dilakukan dan yang perlu dihindari oleh seorang guru dalam Observasi kelas nantinya yang akan digunakan pada Kinerja PMM.

Upaya-upaya pembelajaran yang memfasilitasi kolaborasi dan komunikasi antar peserta didik untuk peningkatan efektivitas pembelajaran dalam kelas :

Fokus Perilaku yang Diobservasi :

  • Perilaku yang di anjurkan seorang guru
    • Guru memotivasi semua peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran
    • Guru menyediakan peran dalam kelompok untuk memastikan semua anggota mendapat peran
    • Guru memberi dukungan dan kesempatan pada peserta didik yang pasif untuk berperan
  • Perilaku yang dihindari oleh seorang guru
    • Guru membiarkan peserta didik membuat dan membagikan peran dalam kelompok 
    • Guru menyediakan peran yang terbatas sehingga peserta didik tertentu tidak mendapat peran 
    • Guru membiarkan sebagian peserta didik bersikap dominan dalam proses pembelajaran
2. Guru mengajukan pertanyaan yang menstimulasi proses diskusi dan berpikir kritis
  • Perilaku yang di anjurkan seorang guru
    • Guru mengajukan pertanyaan terbuka untuk memancing proses diskusi dan berpikir kritis 
    • Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan konsep yang dipelajari dengan konsep sebelumnya 
    • Guru mengajukan yang meminta peserta didik membandingkan dua konsep yang berbeda
  • Perilaku yang dihindari oleh seorang guru
    • Guru mengajukan pertanyaan hanya untuk menguji pemahaman peserta didik 
    • Guru mengajukan pertanyaan yang meminta peserta didik mengulang konsep yang disampaikan 
    • Guru menghakimi jawaban peserta didik sehingga membuat peserta didik yang lain ragu buat menjawab
  • Perilaku yang di anjurkan seorang guru
    • Guru memotivasi peserta didik untuk menyampaikan pendapat secara terbuka 
    • Guru mengajukan pertanyaan yang memicu terjadinya diskusi kelompok 
    • Guru berkeliling kelas untuk memberikan bimbingan pada kelompok dalam berdiskusi
  • Perilaku yang dihindari oleh seorang guru
    • Guru hanya duduk di depan dan membiarkan kelompok berdiskusi sendiri 
    • Guru membiarkan peserta didik membentuk kelompok sendiri sesuka hatinya 
    • Guru mengabaikan atau melarang perbedaan pendapat

Artikel Terkait

Previous
Next Post »